KOMINFO

PRAMUKA UIN SYARIF HIDAYATULLAH

JAKARTA

Komunikasi dan Informasi

BIDANG

KOMINFO

Abad informasi dimulai pada tahun 1957. Pada masa itu mayoritas pekerjaan manusia mulai berhubungan dengan informasi. Perkembangan teknologi informasi dimulai dengan adanya penggunaan teknologi yang sederhana.

Namun saat ini, teknologi informasi dan komunikasi sudah sedemikian maju dengan banyak digunakannya peralatan komunikasi yang berukuran kecil, tetapi mempunyai kinerja yang tinggi. Dahulu banyak daerah terpencil yang tidak terjamah oleh teknologi informasi dan komunikasi. Kini mereka yang di daerah terpencil sudah dapat merasakan keberadaan teknologi
informasi yang sudah maju. Teknologi informasi dapat kita rasakan dimana saja kita berada.

Beberapa manfaat yang diberikan TIK bagi satu bangsa, antara lain: 

1. Meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.
2. Meningkatkan daya saing bangsa.
3. Memperkuat kesatuan dan persatuan nasional.
4. Mewujudkan pemerintahan yang transparan.
5. Meningkatkan jati diri bangsa di tingkat internasional. 

KOMUNIKASI

Komunikasi dan Informasi

Pengertian Komunikasi

Komunikasi merupakan aktivitas dasar manusia. Dengan berkomunikasi, manusia dapat saling berhubungan satu sama lain baik dalamkehiduapan sehari-hari di rumah tangga, ditempat pekerjaan, dipasar, dalam masyarakat atau dimana saja manusia berada. Tidak ada manusia yang tidak
akan terlibat dalam komunikasi. Komunikasi sangat penting bagi kehidupan manusia. Berkembangnya pengetahuan manusia dari hari ke hari karenakomunikasi. Komunikasi juga membentuk sistem sosial yang saling membutuhkan satu sama lain, maka dari itu komunikasi dan masyarakat tidak dapat dipisahkan. 

Komunikasi adalah hubungan kontak dan antar manusia baik individu maupun kelompok. Dalam kehidupan sehari-hari disadari atau tidak, komunikasi bagian dari kehidupan manusia itu sendiri. 

Rudolf F. Verderber. Menurutnya, komunikasi memiliki fungsi yakni fungsi sosial dan fungsi pengambilan keputusan.Fungsi sosial bertujuan untuk kesenangan, menunjukkan ikatan, membangun dan memelihara hubungan dengan orang lain.Sedangkan fungsi pengambilan keputusan ialah memutuskan untuk
melakukan atau tidak melakukan terhadap sesuatu pada saat tertentu.

Unsur Komunikasi

  • Komunikator
    Komunikator berfungsi sebagai encoder, yakni sebagai orang yang memformulasikan pesan yang kemudian menyampaikankepada orang lain, orang yang menerima pesan ini adalah komunikan yang berfungsi sebagai decoder, yakni menerjemahkan lambanglambang pesan konteks pengertian sendiri.
  • Pesan
    pesan ini dapat berupa verbal maupun noverbal. Pesan verbal dapat secara tertulis seperti: surat, buku, majalah, memo, sedangkan pesan secara lisan dapat berupa percakapan tatap muka, percakapan melalui telepon, radio, dan sebagainya. Pesan non verbal dapat berupa isyarat, gerakan badan dan ekspresi muka dan nada suara.
  • Media
    Media yaitu sarana atau alat yang digunakan oleh kominkator untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada komunikan atau sarana yang digunakan untuk memberikan feedback dari komunikan kepada komunikator.
  • Penerima
    Penerima adalah pihak yang menjadi sasaran pesan yang dikirim oleh sumber. Penerima bisa terdiri satu orang atau lebih, bisa dalam bentuk kelompok, partai atau Negara. Penerima biasa disebut dengan berbagai macam istilah seperti khalayak, sasaran, komunikan atau dalam bahasa inggris disebut audience atau receiver.
  • Efek
    Pengaruh atau efek adalah perbedaan apan yang dipikirkan, dirasakan dan dilakukan oleh penerima sebelum dan sesudah penerima pesan.

INFORMASI

Komunikasi dan Informasi

Pengertian Informasi 

Susanto (2002), informasi merupakan hasil dari pengolahan data, akan tetapi tidak semua hasil dari pengolahan tersebut dapat menjadi informasi. Hasil pengolahan data yang tidak memberikan makna atau arti atau tidak bermanfaat bagi seseorang bukanlah merupakan informasi
bagi orang tersebut. Ada tiga hal penting yang harus di perhatikan dari informasi, yaitu : 

a. merupakan hasil pengolahan data,
b. dapat memberikan makna atau arti bagi penggunanya,
c. sesuai dengan kebutuhan pengguna, sehingga dapat bermanfaat untuk menunjang kegiatan pengguna.

Mc. Leod dalam Susanto, (2002) memperkaya definisi informasi dengan menyatakan bahwa suatu informasi dapat berkualitas apabila memiliki ciriciri sebagai berikut :
a. Akurat, artinya informasi harus mencerminkan keadaan yang sebenarnya. Pengujian terhadap hal ini biasanya dilakukan melalui uji persepsi dari dua orang atau lebih dan apabila pengujian tersebut menghasilkan nilai yang sama, maka informasi tersebut dapat dianggap akurat. 
b. Tepat waktu, artinya informasi itu harus tersedia pada saat diperlukan, tidak boleh tersedia besok atau tidak beberapa jam lagi. Untuk data tertentu, nilai informasi pada waktu yang berbeda akan berbeda pula nilainya. Sebagai contoh kurs mata uang, harga komoditas tertentu dan sebagainya.
c. Relevan, artinya informasi yang diberikan harus sesuai dengan yang dibutuhkan. Kalau kebutuhan informasi ini untuk suatu organisasi, maka informasi tersebut harus sesuai dengan kebutuhan informasi dari berbagai tingkat dan bagian yang ada dalam organisasi tersebut.
d. Lengkap, artinya informasi harus diberikan secara lengkap.

Siklus informasi dimulai dari adanya data.

  • Data merupakan fakta yang dikumpulkan dari kehidupan sehari-hari. Data adalah bentuk jamak dari datum. Untuk menghasilkan informasi maka data harus diproses, diolah dengan metode tertentu, baik dengan cara sederhana ataupun menggunakan prosedur yang kompleks.
  • Informasi yang dihasilkan apabila diterapkan dalam suatu organisasi, maka informasi akan menjadi kebijakan organisasi.
  • Selanjutnya kebijakan yang diterapkan tersebut akan mempengaruhi kebiasaan kerja atau budaya kerja organisasi.
  • Perubahan budaya organisasi tersebut tentu akan berbeda dengan budaya kerja yang lama, sehingga kalau fakta yang sudah berubah tersebut dikumpulkan kembali akan menjadi data yang baru

Begitulah seterusnya, sistem tersebut akan berputar menjadi sebuah siklus informasi.

 

2021

TUGAS KELOMPOK

LPR

2021

Aplikasikan gambar dibawah ini dengan pemaparan berdasarkan :

Deskripsi yang jelas
Pesan nya tersampaikan
Media Penyampaian (Video, Pamflet, Broadcast dll.)

 

Kegiatan LPR 2021

Ubah LPR menjadi LDK Pramuka UIN Jakarta 2021

Copyright 2021-Developed by AF DESIGN

error: Afwan ....